PERSIAPAN DAN PERLENGKAPAN DALANG UNTUK MENUJU PENTAS


PERSIAPAN DAN PERLENGKAPAN DALANG UNTUK MENUJU PENTAS
PostAuthorIcon Author: Admin



Oleh : Ki Asman Budi Prayitno

Apabila kita berbicara tentang Dalang, tentunya kita akan berpendapat dengan beranggapan bahwa dalang adalah pelaku titik awal dari salah satu sumber yang merupakan faktor utama terjadinya suatu hasil aktifitas atau tragedi yang identik dengan seni budaya dalam dunia pewayangan. Melalui rubik ini penulis sengaja mencoba untuk menguraikan tentang profesi seorang dalang yang berkecimpung di dunia pewayangan.


Dalam hal ini dalang juga berfungsi sebagai subyek yang merupakan suatu sumber karyaseni yang di ungkapkan melalui penyajian-penyajian dalam alur sebuah cerita. Tak lepas ketika seorang dalang akan melajalankan tugasnya untuk memulai mendalang. Sebagai seorang dalang tentunya semua materi telah dipersiapkan sedemikian rupa dalam bentuk sebuah kemasan kongkrit dan abstrak. Persiapan kongkrit adalah sarana atau perlengkapan dalam mendalang. Persiapan abstrak yaitu wawasan pemikiran yang merupakan daya ingat dan ilmu yang telah dimilikinya .
Perpaduan ilmu formal dan non formal biasanya akan membentuk sumber daya manusia dari dalang itu sendiri yang akan mewujudkan pola piker genius, baik itu mengeanai wawasan dan pengalamannya. Tentu saja harus memperkaya ilmu-ilmu pedalangan semaksimal mungkin, dari sejak awal hingga sang dalang itu sendiri mencapai tingkat kesempurnaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Senses ( Sis Blog ) |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.